Mengintip Cita Rasa Wisata Kuliner Singkawang Pontianak

Mengintip Cita Rasa Kalimantan Barat Wisata Kuliner di Singkawang, Pontianak
Walaupun hanya berukuran kecil, Singkawang sangat menarik perhatian wisatawan yang mengunjungi Kalimantan Barat. Salah satunya karena predikat China Town yang dipegang kota kecil ini, serta kekayaan cita rasa dari kuliner khasnya. Penasaran untuk wisata kuliner di Singkawang, Pontianak? Ini dia panduannya.

gambar wisata kuliner Singkawang

1.Kuliner Sotong Bakar
Pernah mendengar tentang sotong? Sotong ini sejenis dengan cumi-cumi, namun keduanya adalah hewan laut yang berbeda. Sotong memiliki bentuk tubuh yang lebih pipih atau gepeng dibandingkan dengan cumi-cumi. Sotong dapat ditemukan pada hampir semua daerah perairan yang berukuran besar, seperti air payau, air tawar atau air asin, tentunya pada kedalaman yang bervariasi. Sotong memiliki kandungan yang kaya kalsium dan protein, tapi rendah energi. Soal rasa, sangat lezat! Apalagi jika sotong diolah dengan cara dibakar. Sotong dibersihkan, lalu dirobek kecil-kecil dan dibakar.

gambar kuliner pontianak

2.Kuliner Sotong Kangkung
Salah satu alternatif olahan sotong lain yang patut dicoba adalah Sotong Kangkung. Jika tadi sotong dibersihkan, dipotong kecil-kecil lalu dibakar, berbeda dengan Sotong Kangkung. Sotong direndam di dalam air gunung selama sekitar dua atau tiga hari dengan tujuan untuk menghilangkan lendirnya, kemudian sotong direbus dan dipotong memanjang seperti korek api. Sotong kemudian disajikan bersama kangkung yang telah dibersihan dan dipotong, lalu direndam dalam air mendidih hingga lembut, lalu dipotong lagi menjadi potongan yang lebih kecil. Cara penyajiannya adalah sotong ditaruh di atas kangkung, disiram dengan kuah kanji yang memiliki rasa asam dan manis (dengan campuran asam jawa), taburan kacang tanah goreng yang telah ditumbuk, sedikit kecap ikan dan irisan cabai rawit merah. Voila! Terdengar menggiurkan, ya?

gambar wisata kuliner pontianak

3. Kuliner Bubur Pekong
Nah, saat berwisata kuliner di Singkawang, Pontianak, jangan lupa untuk menyicipi bubur legendaris yang sudah terkenal ini. Namanya Bubur Pekong. Pekong diambil dari lokasi berjualan pemilik kedai bubur yaitu di belakang sebuah klenteng bernama Tri Dharma Bumi Raya, atau yang dalam bahasa Tionghoa juga disebut Pekong. Bubur ini berbeda dengan bubur yang biasa Anda santap. Kelebihannya adalah pada kaldu serta topping atau taburan di atasnya. Kaldu yang digunakan pada bubur ini terbuat dari rebusan tulang sapi sehingga rasanya semakin gurih dan sedap. Untuk toppingnya, bubur ini disajikan bersama potongan daging sapi, teri, kacang, lobak manis serta taburan daun bawang. Ada juga tambahan emping melinjo untuk mempermanis sajian bubur. Oh iya, kelebihan lainnya adalah bubur ini sama sekali tidak menggunakan MSG, jadi semua rasa gurih dan lezat yang Anda rasakan pada bubur ini adalah alami dari kaldu sapi asli. Hmm... Tertarik?

gambar dari kuliner singkawang

4.Kuliner Bubur Pedas
Selain sajian Bubur Pekong tadi, Singkawang juga masih memiliki pilihan bubur lain yang tak kalah menarik dan sedap. Bubur Pedas! Anda mungkin mengira akan menjumpai semangkuk bubur hangat seperti bubur ayam biasa yang ditaburi banyak sambal atau cabai. Eits, Anda salah! Bubur Pedas ini merupakan sebuah sajian bubur unik karena bewarna kehitaman. Warna hitam ini berasal dari beras bubur yang disangrai terlebih dulu sebelum ditanak, sehingga warna akhirnya menjadi kehitaman. Bubur ini kemudian diolah dengan daun kesum sehingga jika Anda perhatikan, bubur ini memiliki cita rasa yang menyerupai mint. Menarik sekali, ya? Bubur lalu disajikan dengan suwiran daging ayam, taburan ikan teri goreng, kacang goreng dan perasan jeruk nipis.

gambar wisata kuliner kalimantan barat

5.Kuliner Choi Pou Pan
Karena Singkawang banyak didiami oleh keturunan Tionghoa, tak heran jika banyak kuliner khasnya yang bergaya Tionghoa juga. Salah satunya adalah hidangan kue bernama Choi Pou Pan. Sekilas, bentuk dan tampilan kue ini terlihat seperti dim sum atau hakau. Namun kedua masakan tersebut berbeda. Rasa dari kue ini memang gurih layaknya dim sum, namun kue Choi Pou Pan ini dibalut dengan kulit yang lebih tipis. Selain itu, isi dari kue ini adalah lobak manis dan bengkoang. Yang membuatnya menjadi lebih enak lagi, lapisan luar kue ini dioles dengan campuran minyak dan bawang putih goreng yang sudah dicincang. Hmm.. Sangat cocok dan enak untuk dijadikan camilan.

Selain beberapa macam kuliner di atas, jangan lupa mencicipi rujak juhi mangga, ikan kuah asam, dan beberapa sajian lainnya untuk melengkapi wisata kuliner di Singkawang, Pontianak.

Translate