Info Wisata Kuliner di Singapore

kuliner singapura

Mencicipi Cita Rasa Dunia Wisata Kuliner di Singapura
Singapura merupakan sebuah negara di mana penduduknya berasal dari peranakan berbagai budaya, seperti Melayu, India, maupun Tiongkok. Maka dari itu, budaya yang tumbuh di Singapura termasuk kulinernya pun banyak dipengaruhi oleh ketiga budaya dominan di Singapura tersebut. Jika penasaran, coba saja beberapa referensi wisata kuliner di Singapura berikut ini.

gambar wisata kuliner Singapore di Orchard

1.Ice Cream Sandwich
Nah, ini dia salah satu opsi kuliner khas Singapura yang terkenal salah satunya di Indonesia. Jika Anda belum tahu, pelopor dari ice cream sandwich ini bermula dari pedagang kaki lima yang menjajakan es krim potong dengan roti dan menyajikannya seperti sandwich. Pedagang kaki lima ini dapat Anda temukan di beberapa kawasan tertentu, seperti Orchard, Raffles Place dan lainnya, namun yang paling terkenal adalah di orchard. Jika penasaran, Anda bisa mencicipinya dengan datang ke Orchard yang lapaknya tidak pernah sepi pelanggan. Anda bisa memilih berbagai varian es krim yang tersedia, mulai dari vanilla, cokelat, chocochip mint, dan lainnya.

wisata kuliner singapore bola ikan

2.Sup Bebola Ikan
Rupanya Singapura juga memiliki varian hidangan seperti bakso sendiri, yang dinamakan Sup Bebola Ikan. Dari namanya, makanan ini memang terlihat berasal dari Malaysia namun juga terkenal di Singapura. Hidangan ini berasal dari bahan baku ikan, bukan daging seperti pada hidangan bakso. Sekilas tampilannya mirip bakso ikan, ya? Daging ikan yang dibentuk bulat-bulat putih ini adalah salah satu ciri khas dari Sup Bebola Ikan, selain kuahnya yang memang berbeda dari kuah bakso di Indonesia.

3.Mie Hot Pot
Dari namanya mungkin sekilas mengingatkan Anda pada hotplate, yaitu wadah khusus untuk menjaga kehangatan makanan. Hot pot pada nama hidangan mie ini rupanya juga bekerja sama, namun bedanya, hot pot ini merupakan sebuah kompor kecil yang menghangatkan sebuah mangkuk besar. Mie Hot Pot adalah sajian mie yang menyerupai indomie goreng dengan rasa yang lebih sedap, lengkap dengan semangkuk besar kuah mie-nya yang berisi beragam sea food. Mie Hot Pot akan lebih enak jika disantap dalam keadaan panas. Oh iya, bagi Anda yang biasanya makan dalam porsi kecil, sebaiknya bagi dua saja dengan teman Anda karena porsi Mie Hot Pot ini terbilang besar.

kuliner singapore thosai

4.Thosai (Dosa)
Sebenarnya, salah satu pilihan wisata kuliner di Singapura ini memiliki nama asli Dosa, namun tiba-tiba di Singapura namanya menjadi Thosai. Opsi kuliner di Singapura ini berasal dari negara India. Thosai ini memiliki banyak varian yang dapat Anda temukan di Singapura, salah satunya adalah Masala Thosai. Masala Thosai merupakan sebuah sajian roti khas India yang mengandung banyak karbohidrat, lalu disajikan bersama kuah berbumbu yang penuh dengan rempah-rempah. Walaupun terdiri dari banyak rempah-rempah, kuah berbumbu ini rasanya sangat sedap dan cocok untuk dimakan bersama roti khas India serta kentang rebus ala India (Masala) yang sudah dicampur dengan bawang serta bumbu rahasia.

wisata kuliner singapore mie laksa

5.Mie Laksa
Mie Laksa merupakan sebuah hidangan mie yang juga disebut sebagai Mie Kuning. Anda sebenarnya dapat menjumpai banyak hidangan mie laksa ini di Indonesia, namun ternyata hidangan mie ini juga terkenal di Singapura dan Malaysia. Bahkan di Singapura, mie ini dinamakan dengan lebih keren yaitu Mee Laksa. Mie Laksa disajikan dengan mie bewarna kuning yang kemudian dihidangkan dengan campuran beragam sea food serta tahu goreng yang sebelumnya sudah dicelupkan terlebih dulu ke dalam kuah kental bewarna oranye kekuningan yang merendam sebagian mie. Daya tarik dari jenis kuliner ini adalah kuah kentalnya yang penuh bumbu dan menciptakan rasa yang khas. Mie Laksa dapat Anda temui di banyak restoran di Singapura, salah satunya di food court Woodlands Center.

Bagaimana? Seru juga kan menikmati berbagai kuliner peranakan dari berbagai budaya dengan wisata kuliner di Singapura? Jangan lupa untuk mencoba ice cream sandwich yang legendaris di Orchard itu, ya!

Translate