Nikmatnya Wisata Kuliner di Banjarmasin

Mencicipi Cita Rasa Indonesia Wisata Kuliner di Banjarmasin
Salah satu kota kebanggaan Kalimantan Selatan ini memiliki banyak pesona alam serta budaya. Selain itu, jangan lupakan juga kekayaan cita rasa yang dimiliki kota ini yang sebagian ciri khas kulinernya menggunakan ikan sebagai bahan bakunya. Penasaran apa saja wisata kuliner di Banjarmasin yang enak? Simak ulasannya berikut ini.

wisata kuliner banjarmasin soto

1.Soto Bang Amat
Nah, salah satu sajian kuliner khas Banjarmasin apalagi kalau bukan Soto Banjar!Jika Anda bingung membedakan soto dan sop Banjar, sebenarnya racikan kuah serta isinya hampir sama, hanya saja jika sop dimakan bersama nasi, soto dimakan bersama potongan lontong. Nah, salah satu tempat makan yang menyajikan soto Banjar adalah Soto Bang Amat. Letaknya ada di Banua Anyar, tepatnya di bawah jembatan. Soto Banjar di sini disajikan gurih dan kuah yang lebih kental. Porsinya juga termasuk banyak dan tentu saja rasanya sedap.

wisata kuliner banjarmasin lontong

2.Lontong
Jenis kuliner ini bukan semata-mata sajian lontong pada hari Lebaran itu saja. Melainkan lontong khas Kalimantan Selatan yang disajikan dengan kuah santan bersama tambahan lainnya. Lontong dari Kalimantan Selatan berbeda dengan yang ada di Jawa, yaitu berbentuk segitiga dan bungkusannya menggunakan daun pisang. Lontong kemudian disajikan bersama kuah santan bewarna kuning, serta tambahan protein lain yang dimasak habang, sebutan untuk bumbu merah khas dari Kalimantan Selatan dan Tengah. Proteinnya bisa telur, ayam atau ikan gabus, sesuai selera Anda saja. Anda bisa menjumpai sajian lontong yang sedap ini di Lontong Orari yang berada di Jalan Pahlawan.

wisata kuliner banjarmasin ketupat

3.Ketupan Kandangan
Berbeda dengan lontong yang berbentuk segitiga, ketupat ini bentuknya sama dengan ketupat pada umumnya. Namun ketupat ini agak berbeda dari teksturnya yang masih kasar dan tidak padat di mana masih terlihat bentuk butiran nasi. Ketupat ini kemudian disajikan dengan siraman kuah santan bewarna putih yang gurih, dan ditemani oleh lauk khas Banjarmasin, Ikan Haruan. Ikan Haruan ini digoreng lalu dibumbui sebelum disantap bersama ketupat. Selain itu, biasanya Ketupat Kandangan ini juga disajikan bersama jeroan ikan yang ditumis atau disate, serta tambahan sambal terasi pedas yang akan semakin menggugah selera Anda. Wisata kuliner di Banjarmasin tidak akan lengkap tanpa Ketupat kandangan yang dapat Anda temukan di Rumah Makan Pondok Bahari, yaitu di dekat siring sungai Martapura.

wisata kuliner banjarmasin itik panggang

4.Itik Panggang
Ayam atau bebek mungkin pernah Anda santap dengan dipanggang. Namun pernahkah Anda mencoba sajian itik panggang? Sajian kuliner menarik ini sebenarnya adalah kuliner khas dari Kota Amuntai, sebuah kabupaten yang terdaftar di provinsi Kalimantan Selatan. Jenis itik yang digunakan adalah Itik Alabio, yang konon hanya dapat Anda jumpai di kecamatan Alabio. Daging itik pangggang yang lezat dapat Anda temukan salah satunya di Depot Mandezo. Di sini, daging itik dibakar dengan bumbu kecap, kemudian dicincang dan diberi bumbu saus kecap dan tomat. Sajian tersebut kemudian disajikan bersama kuah sup suun bening dan sepiring nasi hangat.

wisata kuliner banjarmasin

5.Haruan Kering Batanak atau Hampap
Hampap atau Haruan Kering Batanak adalah sajian ikan Haruan atau Tauman yang sama-sama merupakan jenis ikan gabus khas Kalimantan Selatan. Ikan dijemur hingga setengah kering, kemudian dagingnya dimasak dengan bumbu bawang cabai serta kuah santan yang berkunyit. Rasa yang diciptakannya adalah gurih, sedikit asin dan sedikit pedas. Pas! Anda bisa mencicipi Hampap yang enak di Banjarmasin salah satunya di Rumah Makan Rahmat yang ada di KM 3,5.

Untuk semakin melengkapi wisata kuliner di Banjarmasin Anda, jangan lupa untuk membawa oleh-oleh ikan Haruan kering untuk dapat mengingatkan Anda pada kota ini saat pulang nanti.

Translate