Wisata Batu Permata di Martapura Kalimantan

Wisata Batu Permata di Martapura Menyingkap Kilaunya Kalimantan
Mungkin Anda kurang familiar dengan kota yang satu ini. Martapura. Martapura adalah sebuah kota kecil yang berdampingan dengan ibu kota dari provinsi Kalimantan Selatan, Banjarmasin. Tepatnya sekitar 45 kilometer arah timur Banjarmasin. Martapura merupakan sebuah kota yang "berkilauan", yang mana benar-benar berkilauan, tidak hanya sekedar kiasan. Mengapa? Karena rupanya, Martapura yang merupakan ibu kota dari kabupaten Banja ini sering disebut sebagai salah satu kota penghasil batu mulia yang memiliki kualitas paling baik, bahkan di dunia. Wah! Tak heran jika kemudian di sini, Anda akan banyak menemukan banyak tempat pengolahan berlian sekaligus sebagai tempat transaksi berlian atau batu mulia di Kalimantan. Jangan lupa, Anda juga bisa berwisata batu permata di Martapura.

wisata batu permata martapura

Terutama bagi Anda yang menyukai atau gemar mengoleksi berbagai jenis perhiasan atau aksesoris seperti gelang, kalung, cincin, bros atau berbagai bentuk aksesoris lainnya, dan semuanya terbuat dari emas, perak, berlian murni, atau berbagai jenis batu permata yang lainnya, Martapura bisa menjadi surga untuk Anda! Kota ini dapat Anda jadikan ajang hunting perhiasan atau aksesoris permata yang dapat memanjakan keinginan berbelanja Anda. Jangan khawatir sama sekali, kualitas perhiasan atau aksesoris batu permata yang dijual di Martapura sudah diakui dunia sebagai salah satu yang terbaik. Jadi akan sangat cocok untuk menghabiskan uang Anda di sini demi investasi atau mempercantik diri dengan batu permata yang indah.

wisata batu permata

Di sini, Anda dapat berwisata batu permata di Martapura dengan leluasa, karena banyak toko yang menyediakan komoditas batu permata ini, salah satunya adaalah Pasar Cahaya Bumi Selamat. Pasar ini adalah sebuah pasar berlian serta perhiasan yang sudah terkenal di Martapura. Jangan membayangkan suatu mall atau toko elegan yang terlihat berkelas di Pasar Cahaya Bumi Selamat ini, karena Anda hanya akan menjumpai sebuah toko sederhana bahkan beberapa pedagang asongan. Namun jangan salah, kualitas yang dijajakan di sini tidak sebatas level pasar, melainkan sudah berkualitas internasional. Bahkan di pasar ini, Anda dapat menjumpai beberapa orang yang sedang melakukan transaksi jutaan rupiah di pinggir jalan, menarik juga, ya? Di sini, Anda dapat dengan puas mencari intan, emas, perak, dan batu mulia lain sesuai keinginan Anda.

wisata kalimantan

Kota Martapura dikenal sebagai salah satu lokasi untuk penambangan atau mendulang intan atau batu mulia lainnya, selain menjadi tempat transaksi terkenal di Kalimantan. Martapura bahkan sempat digegerkan dengan ditemukannya sebuah intan yang bernama Putri Malu dan memiliki berat sekitar 200 karat. Intan yang ditemukan pada tahun 2008 ini ditemukan di lokasi penambangan Pengaron di Martapura, dan konon katanya, intan Putri Malu ini merupakan intan paling besar yang pernah ditemukan di tanah Kalimantan. Intan Putri Malu ini juga mengalahkan sebuah intan bernama Trisakti dengan berat 166,75 karat yang pada tahun 1965 silam ditemukan di Banjarbaru dan pernah menarik perhatian dunia.

wisata di Martapura

Nah, untuk melengkapi wisata batu permata di Martapura, Anda juga dapat menjumpai banyak pengrajin intan di sana, khususnya di jantung kota Martapura. Di sana, terdapat sejumlah rumah pengrajin intan yang dalam pengerjaannya menggunakan cara tradisional atau modern. Salah satu pengrajin yang paling terkenal adalah pusat pengrajin intan bernama Kayu Tangi yang dapat Anda jumpai di belakang Pasar Cahaya Bumi Selamat. Di sana, Anda dapat memoles serta mengolah batu mulia yang Anda beli di pasar agar bentuk dan ukurannya menjadi lebih menarik dengan teknik pengerjaan tradisional.

Translate