Tempat Wisata Museum di Jakarta


WISATA DI MUSEUM DI JAKARTA - Keberadaan museum di Indonesia belum begitu diapresiasi oleh masyarakat. Banyak yang tidak mengetahui apa fungsi dan kegunaan dari museum. Padahal, seperti kita ketahui, ada begitu banyak museum yang ada di Indonesia dengan berbagai macam koleksi budaya bercitra rasa seni yang tinggi dan memiliki nilai sejarah yang tak ternilai. Melalui pemerintah kota dan pusat, harusnya masyarakat Indonesia bisa diberikan wacana atau pencerahan tentang museum sehingga mau mengenal budayanya sendiri dengan melakukan wisata museum. Untuk Jakarta sendiri, ada puluhan museum yang bisa kita temukan yang tersebar dari Kepulauan Seribu hingga kawasan Taman Mini Indonesia Indah. Dan berikut adalah daftar museum di Jakarta untuk kita ketahui, dan siapa tahu setelah membaca artikel ini kita tertarik untuk melakukan wisata museum di Jakarta.

wisata museum di Jakarta

a. Kepulauan Seribu : Museum Onrust
b. Jakarta Utara : Museum Bahari
c. Kawasan Kota Tua : Museum Bank Indonesia, Museum Mandiri, Museum Wayang, Museum Seni Rupa dan Keramik, dan Museum Sejarah Jakarta atau lebih dikenal sebagai Museum Fatahillah.
d. Kawasan Taman Mini Indonesia Indah: Museum Asmat, Museum Penerangan, Museum Fauna Indonesia Komodo, Museum Prangko Indonesia, Museum Indonesia, Museum Istiqlal, Museum Keprajuritan Indonesia, Museum Serangga, Museum Listrik dan Energi Baru, Museum Minyak dan Gas Bumi Graga Widya Patra, Museum Pusaka, Museum Olahraga Nasional, Museum Telekomunikasi, Museum Transportasi, dan Museum Timor Timur.
e. Jakarta Barat: Museum Lukisan Universitas Pelita Harapan, Museum Tekstil, Museum Tragedi 12 Mei, dan Bentara Budaya Jakarta.
f. Jakarta Timur: Museum Loka Jala Srana, Museum Pengkhianatan PKI (Komunis dan Musem Paseban, Museum Purna Bhakti Pertiwi, dan Museum Pencak Silat.
g. Jakarta Pusat: Museum Taman Prasasti, Museum Sumpah Pemuda, Museum Sejarah Nasional, Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Museum Nasional atau sering disebut Monas,Museum Gajah, Museum Mohammad Hoesni Thamrin, Museum Kebangkitan Nasional, Museum Katedral, Museum Joang 45, Museum Jenderal Besar Dr. A.H. Nasution, Graha Bakti Antara, dan Sasmitaloka Pahlawan Revolusi Jenderal Ahmad Yani.
h. Jakarta Selatan: Museum Polri, Museum Al Qur'an PTIQ, Museum Reksa Artha, Museum Basoeki Abdullah, Museum Harry Darsono, Museum Layang-Layang Indonesia, Museum Korps Marinir, Museum Kehutanan Manggala Wanabakti, Museum Rimbawan Pejuang, Museum Satria Mandala, Museum Waspada Purbawisesa, Museum di Tengah Kebun, Diorama Sejarah Perjalanan Bangsa, dan Yuz Museum.

Jadi, bila kita mau melakukan wisata museum di Jakarta, jangan khawatir karena ada banyak museum yang bisa kita datangi dan pelajari.

Translate