Nikmatnya 5 Wisata Kuliner di Jepang

Nikmatnya cita rasa negeri Sakura dengan wisata kuliner di Jepang - Negeri Sakura ini selain terkenal dengan kedisiplinan yang tinggi serta kemajuan teknologi yang pesat, juga terkenal dengan kulinernya yang telah mendunia, Sushi. Eits, selain sushi, Jepang juga masih menyimpan ribuan restoran dengan cita rasa yang oke dan menarik untuk dicoba. Jangan bingung dulu, di bawah ini ada beberapa referensi tempat wisata kuliner di Jepang.

kuliner di Surabaya

1. Izakaya, Meguro
Sebuah restoran yang berada di Tokyo ini dituliskan namanya dengan huruf kanji dan memiliki tanda lentera merah serta sebuah tulisan yang berarti "Menyediakan Minuman Keras". Eits, jangan kabur dulu. Restoran Izakaya ini memang memiliki sejarah yang panjang sehingga memampang tulisan tersebut. Dulunya, Izakaya ini menjadi tempat nongkrong para pekerja pria sehabis lelah bekerja. Konon katanya, pada budaya Jepang, para pekerja pria yang lelah sehabis bekerja akan memesan minuman keras untuk merelaksasi tubuh yang lelah. Para pengunjung kemudian request pada pemilik restoran untuk menambah menu camilan dan makanan berat sebagai teman acara minum-minum mereka. Dari sanalah Izakaya menjadi restoran seperti sekarang. Rasa yang ditawarkan di restoran ini sangat lezat, seperti banyak restoran di Jepang. Beberapa menu yang harus dicoba adalah menu tahu yang crispy di luar dan memiliki tofu di dalamnya, steak sapi serta nasi goreng kepiting. Harga yang ditawarkan juga relatif terjangkau.

kuliner di Jepang restaurant Surabaya

2. Surabaya, Aqua City Odaiba
Nah, bagi Anda yang tinggal agak lama di Jepang dan menjadi kangen dengan masakan tanah air, restoran ini dapat menjadi alternatif untuk Anda. Surabaya bukan sebuah kota di Jawa Timur yang jadi pindah ke Jepang. Surabaya di Jepang ini adalah sebuah restoran yang menghadirkan menu-menu dari Indonesia seperti bakso, nasi campur, dan sajian lainnya. Jangan kaget jika Anda melihat banyak pengunjung orang Jepang di sini, karena ternyata masakan Indonesia yang dijual di sini sudah dimodifikasi sedemikian rupa agar rasanya cocok dengan lidah orang Jepang. Salah satunya adalah tidak adanya masakan yang dibalado alias diberi cabai, mungkin karena orang Jepang yang cenderung tidak menyukai rasa pedas. Sambal juga disajikan secara terpisah dari hidangan utama. Restoran Surabaya ini dapat menjadi pengobat rindu bagi Anda yang tinggal lama di Jepang. Letaknya berada di Aqua City Odaiba, tepatnya di sebelah gedung sebuah stasiun TV terkenal di Jepang, FUJITV.

citarasa kuliner di Jepang

3. Anrakutei, Akabame
Restoran ini memiliki banyak cabang di Jepang, sala satunya di stasiun kereta di Akabame. Anrakutei ini sejenis restoran yakiniku, di mana Anda akan menjumpai menu makanan yang serba dipanggang. Anda juga akan memanggang sendiri di meja makan dengan panggangan khusus yang disediakan restoran. Selain itu, menu di restoran ini didominasi oleh menu daging, sehingga bagi Anda penggemar daging dan ingin mencicipi daging Jepang yang lebih lezat itu, Anda bisa datang ke salah satu restoran cabang Anrakutei. Salah satu menu yang wajib Anda pesan adalah daging sapi berlemak dan lidah sapi.

gambar dari restaurant di Jepang

4. Matsuya
Salah satu tempat wisata kuliner di Jepang yang satu ini juga memiliki banyak cabang di Jepang. Hal unik yang bisa Anda dapatkan di restoran murah meriah atau disebut Warung Jepang ini, Anda bisa memesan makanan menggunakan mesin. Sangat menggambarkan Jepang yang teknologinya sudah sangat maju, ya? Saat masuk ke restoran, Anda dapat memesan di mesin besar yang biasanya berada di dekat pintu masuk. Mesin ini berukuran cukup besar dan memiliki banyak stiker yang berisi nama dan gambar menu serta harga, berikut dengan tombolnya. Caranya, masukkan dulu sejumlah uang koin dan nantinya beberapa tombol akan menyala. Tombol yang menyala artinya menu-menu yang dapat Anda pesan dengan jumlah uang yang Anda masukkan. Untuk memesannya, Anda tinggal pencet tombol menu dan jika sudah selesai, Anda tinggal memencet suatu tombol yang akan mengeluarkan lembar order. Lembar inilah yang Anda serahkan pada pelayan untuk mengantar pesanan. Dan voila, dalam beberapa menit saja, makanan sudah hadir di hadapan Anda.

Jepang bakery

5. Espoir, Nagano
Referensi tempat makan di Jepang yang terakhir adalah sebuah bakery yang menyajikan berbagai hidangan penutup super lezat. Beberapa hidangan penutup yang dapat Anda temukan di Espoir adalah cheese cake Jepang, kue sus super lezat, jeli jeruk, dan kue labu. Semua kue yang dihidangkan di sini memiliki cita rasa yang sangat enak, sehingga sayang jika Anda tidak menyempatkan diri untuk datang ke sini. Salah satu menu dessert yang enak di sini adalah cheese cake Jepangnya. Tekstur cheese cake ini sangat lembut menyerupai es krim. Krim yang sangat lembut tersebut dialasi oleh lapisan biskuit dengan rasa almond yang pas dan manis. Ada juga surprise dari rasa segar buah raspberry saat Anda menyendok cheese cake ini.

Nah, semoga dengan informasi tempat wisata kuliner di Jepang tadi, Anda tidak lagi bingung akan makan di mana di Jepang, ya!

Translate