Tempat Wisata di Palembang Pilihan Traveler

Tempat Wisata Favorit di Palembang - Sebagai ibu kota dari provinsi Sumatera Selatan, Palembang merupakan pusat dari berbagai kegiatan di Sumatera Selatan. Keunikan dan berbagai hal menarik yang dapat Anda temukan di Palembang membuat kota Pempek ini pantas untuk dikunjungi. Berikut ini tempat wisata favorit di Palembang yang sudah dirangkum untuk Anda.

wisata palembang masjid Cheng Ho

1. Obyek Wisata Masjid Cheng Ho
Jika tadi sudah dibahas tentang Pulau Kemaro yang memiliki bangunan pagoda serta klenteng, kini ada bangunan masjid yang unik karena mengusung konsep budaya Tionghoa yang didominasi oleh warna merah. Masjid ini beroperasi normal sebagai tempat ibadah, sekaligus dijadikan obyek wisata yang cukup menarik juga. Masjid yang menjulang tinggi ini memiliki arsitektur bangunan mirip pagoda khas Tionghoa yang terdiri dari susunan atap segi banyak dan melenting di setiap sisinya, serta jendela yang mengelilingi bangunan. Anda bisa mengunjungi masjid unik ini di Jakabaring tanpa dipungut biaya.

tempat wisata di Palembang jembatan ampera

2. Obyek Wisata Jembatan Ampera
Tempat wisata yang menjadi landmark dari kota Palembang ini merupakan destinasi wisata yang paling diminati oleh wisatawan. Mungkin karena predikatnya sebagai ikon kota Palembanglah yang membuat wisatawan ingin mengunjungi jembatan megah ini. Selain itu, Jembatan Ampera juga menyuguhkan pemandangan yang cantik di malam hari dengan hiasan lampu yang bewarna-warni, sehingga membuat Jembatan Ampera menjadi 'hidup'. Jembatan Ampera terbentang sepanjang 1,1 km dan memiliki lebar 22 m. Diresmikan pada tahun 1965 oleh Presiden Soekarno, jembatan ini menghubungan dua bagian kota Palembang yang terbelah oleh Sungai Musi.

wisata Palembang Pulau Kemaro

3. Obyek Wisata Pulau Kemaro
Saking besarnya Sungai Musi, sungai terbesar di Sumatera tersebut memiliki sebuah pulau kecil di tengah-tengahnya. Pulau ini dinamakan Pulau Kemaro. Pulau ini memiliki suasana yang kental dengan budaya Tionghoa, sehingga Pulau Kemaro bisa juga dianggap seperti Chinatown-nya Palembang. Di pulau ini, Anda akan menjumpai sebuah bangunan yang berdiri mencolok, yakni sebuah pagoda berlantai sembilan dan klenteng yang diberi nama Klenteng Hok Tjing Rio. Anda bahkan dapat melihat pagoda berlantai sembilan tersebut dari berbagai sisi pulau, saking tingginya. Selain itu, pulau ini juga terkenal dengan cerita putri Raja Palembang dan suaminya yang menceburkan diri ke sungai, kemudian tenggelam. Makam putri Raja Palembang tersebut, Siti Fatimah, serta pohon cinta dapat Anda temukan di Pulau Kemaro.

wisata Palembang Benteng Kuto Besak

4. Obyek Wisata Benteng Kuto Besak
Bangunan keraton kepunyaan Palembang ini didirikan pada abad ke-18 dan dipergunakan sebagai pusat kegiatan Kesultanan Palembang. Benteng Kuto Besak ini terletak di Jl. Sultan Mahmud Badarudin yang dapat Anda tempuh sejauh 1,5 km dari Jembatan Ampera. Bentang Kuto Besak masih berdiri dengan megah dan gagah hingga kini, walaupun umurnya sudah tidak lagi muda. Dari sini, Anda bisa menyaksikan keindahan Sungai Musi, karena bangunan ini terletak di tepi sungai. Destinasi tempat wisata di Palembang ini akan semakin pas jika dikunjungi pada sore hari, tepatnya saat momen matahari tenggelam yang terlihat berkilauan pada permukaan Sungai Musi yang besar.

wisata Palembang sungai Musi

5. Obyek Wisata Sungai Musi
Dari Benteng Kuto Besak yang berada di tepinya, kini kita beralih ke sungai terpanjang di Pulau Sumatera ini. Sungai Musi hingga kini masih dijadikan sarana transportasi bagi masyarakat Palembang. Selain itu, kini Sungai Musi juga dijadikan sebagai salah satu obyek wisata terkenal di Palembang karena predikatnya sebagai sungai terpanjang di Pulau Sumatera dan ukurannya yang lebar dan panjang. Sungai dengan panjang mencapai 750 km ini dapat Anda kelilingi dari beberapa titik. Anda bisa menyusuri Sungai Musi menggunakan ketek atau perahu tradisional khas Palembang yang terbuat dari kayu. Tarifnya pun bisa ditawar, jadi Anda bisa berkeliling dengan budget minim. Selain menyusuri Sungai Musi, ada banyak juga tempat wisata lain yang berada di tepian sungai sehingga Anda bisa menikmati keindahan Sungai Musi dari titik-titik tersebut.

Jika Anda gemar kuliner simak informasi artikel tentang wisata kuliner di Palembang.
Tempat wisata favorit di Palembang tersebut adalah obyek wisata yang paling diminati oleh wisatawan, namun bukan berarti obyek wisata lain di Palembang tidak memiliki keindahan dan keunikan tersendiri. Eksplore terus, ya.

Translate