Tips Liburan Hemat ke Hong Kong

tips liburan ke Hong Kong

Tips Liburan ke Hong KongHongkong adalah sebuah kota besar di China yang menjadi sentral perdagangan Asia. Pemerintah China sangat sukses dalam mengembangkan kota yang kecil menjadi sebesar sekarang. Hongkong pun kemudian menjadi destinasi paling favorit wisatawan di Asia. Nah, sebelum pergi, apa saja tips liburan ke Hongkong? Ini dia daftarnya : 

1. Penginapan atau hotel di Hongkong

hotel di Hongkong
Tahukah Anda bahwa Hongkong memiliki hotel yang termasuk paling mahal di dunia? Jangan kaget jika Anda melihat kisaran tarif hotel di sana sekitar Rp 500,000 hingga Rp 3,000,000 per malamnya. Eits, tapi jangan panik dulu, Anda masih bisa menyiasatinya, kok. Jika liburan ke Hongkong dan ingin mencari hotel yang relatif lebih murah, pergilah ke kawasan Tsim Tsa Shui. Di sana, Anda akan menjumpai sejumlah hotel yang lebih ramah di kantong. Oh iya, jangan lupa juga untuk memesan dari jauh-jauh hari secara online, karena hotel-hotel di Hongkong sangat cepat full booked oleh wisatawan yang datang ke kota ini.


2. Transportasi di Hongkong

transport di hong kong
Anda bisa saja menggunakan jasa taksi selama liburan di Hongkong, namun siap-siap mengorbankan biaya makan atau penginapan Anda karena taksi di Hongkong terhitung sangat mahal. Bahkan, masih ada tarif tambahan untuk bagasi yang melebihi kapasitas. Jika Anda ingin liburan berbudget, sebaiknya pilih kendaraan umum seperti MTR dan bus. Kedua transportasi umum ini harga tiketnya jauh lebih murah dari taksi dan memiliki fasilitas yang nyaman juga, kok. Anda hanya perlu memperhatikan betul rute-rute jalan yang dilalui MTR atau bus agar tidak tersesat selama di Hongkong. Jangan salah jurusan, ya.


3.Transaksi di Hong Kong

transaksi di Hongkong
Tips liburan ke Hongkong selanjutnya adalah membeli Octopus Card. Octopus Card adalah sebuah kartu multiguna yang bisa menjadi penyelamat Anda dari tumpukan koin kembalian yang berat di Hongkong. Octopus Card ini dapat Anda beli dan sekaligus isi depositnya minimal 150 dollar Hongkong, di mana 100 HKD merupakan saldo Anda dan 50 HKD untuk deposit kartu. Kartu ini dapat Anda gunakan di hampir semua toko, sehingga Anda ibarat memiliki kartu debit baru di Hongkong yang sangat praktis dan mudah. Oh iya, kartu ini dapat Anda beli di semua stasiun kereta bawah tanah.


4.Tempat Wisata di Hongkong

tips tempat wisata hongkong
Nah, tentunya liburan di Hongkong Anda wajib menyambangi beberapa obyek wisata favorit para wisatawan. Beberapa di antaranya memang memiliki biaya masuk yang cukup mahal, seperti Ocean Park atau Disneyland Hongkong yang dapat menghabiskan uang mencapai Rp 600,000. Jadi, jangan lupa untuk mengecek perkiraan cuaca setempat agar Anda tidak merugi karena hujan yang tiba-tiba turun. Sialnya, jika hujan, kebanyakan wahana akan dinonaktifkan, jadi jangan lupa untuk mengecek cuaca. Selain kedua obyek wisata tadi, Anda juga bisa berwisata hemat dengan mengunjungi obyek wisata gratis di Hongkong. Beberapa di antaranya adalah Repulse Bay, Avenue of Stars, Victoria Park, Victoria Peak, serta semua museum Hongkong khusus di hari Rabu saja.


5. Perhatikan Tata Aturan di Hongkong

aturan di hongkong
Eits, ini bukan Indonesia yang masih belum memiliki aturan super ketat di jalanan! Pemerintah Hongkong sangat serius dalam membangun kota ini, salah satunya dengan memberlakukan peraturan tegas di Hongkong. Perhatikan beberapa aturan seperti rokok. Anda tidak akan diperbolehkan merokok sembarangann di jalanan, melainkan harus di tempat tertentu seperti dekat tong sampah atau asbak. Selain itu, Anda hanya diperbolehkan masuk dengan membawa 19 batang rokok saja ke Hongkong. Aturan lainnya adalah membuang sampah sembarangan. Anda bisa dikenai denda hingga Rp 2,250,000 jika kedapatan membuang sampah sembarangan. Ada juga aturan tentang lalu lintas yang ketat, seperti denda jika menyebrang jalan sembarangan tanpa menunggu lampu hijau.

Jangan lupa simak :
a. Informasi wisata kuliner di Hong Kong
b. Tempat wisata yang asyik di Hongkong

Nah, tips liburan ke Hongkong berikutnya adalah bersenang-senang! Jangan lupa untuk selalu bersemangat dalam berwisata di Hongkong sepuasnya, ya.

Translate