Tempat wisata yang menarik di Solo

Tempat wisata di SoloSiapa yang tidak mengenal kota yang satu ini? Yup, Solo adalah salah satu kota di Jawa Tengah yang semakin melejit namanya karena hadir sebagai kota yang menyimpan banyak wisata sejarah. Banyak wisatawan baik lokal maupun luar negeri yang tertarik mengunjungi Solo, tidak hanya karena lokasinya yang dekat dengan Yogyakarta, namun karena memang Solo memiliki kharisma dan pesonanya sendiri sehingga layak dijadikan sebagai tempat rujukan banyak wisatawan yang ingin menghabiskan liburannya.  Ada beberapa wisata di Kota Solo yang harus kita kunjungi mulai dari wisata kulinernya hingga wisata sejarahnya. 

a. Wisata Keraton : Keraton Surakarta Hadiningrat, dan Pura Mangkunegaran. 
b. Wisata acara tahunan : Solo Batik Carnival dan Sekaten
c. Wisata museum : Museum Pers, Museum Batik Kuno Danar Hadi, Museum Manusia Purba Sangiran Sragen, dan Museum Radya Pustaka.
d. Wisata candi: Candi Sukuh, Candi Cetho, dan Candi Prambanan. 
e. Wisata alam: Sungai Bengawan Solo, Air Terjun Grojogan Sewu, Air Terjun Segoro Gunung, Air Terjun Parang Ijo, Pegunungan Tawang Mangu, Waduk Gajah Mungkur Wonogiri, Gunung Kemukus Sragen, Taman Satwataru Curug, Solo Selo Borobudur (SSB), Wisata Agro Gondang Winangoen Solo - Yogya, Taman Balekambang.
f. Wisata belanja: Pusat Grosir Solo (PGS) (tekstil), Beteng (tekstil), Pasar Tradisional Klewer, Pasar Triwindu (barang antik), Kampung Batik Laweyan, Pasar Klithikan Notoharjo, dan Pasar Keris dan Cinderamata Alun-Alun Utara Kraton.
g. Wisata kuliner: nasi timlo, nasi liwet, HIK setara dengan angkringan di Yogya dan warung kucing di Semarang, serabi Solo Notosuman, sate kere (gembus), sate buntel, susu sapi murni, tengkleng, gudeg ceker Margoyudan dan jenang lemu.Simak ulasan 11 tempat wisata kuliner di Solo.


wisata-di-kota-solo

Kita juga bisa melakukan wisata air bersama keluarga dengan mengunjungi Pandawa Waterpark yang terletak di kawasan Solo Baru atau melakukan wisata menggunakan bus tingkat untuk berkeliling kota Solo. Kita juga bisa berwisata dengan menaiki kereta uap tua untuk berjalan-jalan di sepanjang rel dalam kota yang menyenangkan. Jadi, apa lagi yang kita tunggu?!. Kunjungi Solo di hari libur Anda dan dapatkan kepuasan tak tergantikan dengan melakukan serangkaian wisata di Kota Solo. Dijamin bisa mengusir rasa galau hehehe.

Translate