Tempat Wisata Favorit di Balikpapan

Tempat wisata favorit di Balikpapan - Sebagai Kota Minyak, Balikpapan yang berada di Kalimantan ini ternyata juga memiliki potensi wisata yang oke. Bahkan, pemerintah Balikpapan mengabadikan predikat Kota Minyak ini di pusat kota dengan dibangunnya Taman Bekapai. Apa saja wisata favorit di Balikpapan yang keren? Ini dia daftarnya :

Tempat wisata Favorit di Balikpapan

gambar dari tempat wisata favorit di balikpapan

1.Tempat wisata Pantai Kemala
Balikpapan memiliki sebuah obyek wisata pantai yang terkenal dan banyak diminati oleh wisatawan. Pantai Kemala ini disebut-sebut sebagai Pantai Jimbaran di Bali versi Balikpapan, salah satunya karena suasana Pantai Kemala yang mirip dengan pantai di Bali tersebut. Mulai dari hamparan pasir putihnya yang luas, ombak laut yang relatif tenang hingga deretan pepohonan kepala yang ada di sekitar pantai. Uniknya, jika kebanyakan obyek wisata alam Anda temukan di pinggiran kota, pantai yang satu ini dapat Anda jumpai di pusat kota Balikpapan, yaitu di Jl. Jendral Sudirman. Tak heran jika Pantai Kemala ini banyak dikunjungi karena aksesnya yang mudah. Selain itu, pantai ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas yang cukup lengkap seperti jetski, wahana banana boat dan flying fox.

2. Tempat wisata Pasar Klandasan
Tempat wisata belanja sekaligus wisata alam? Bisa Anda dapatkan di Balikpapan, lho! Pasar Klandasan adalah sebuah pasar yang berbatasan dengan pantai di Balikpapan. Pasar tradisional ini lokasinya berada di dekat pantai, sehingga sambil berbelanja, Anda dapat sambil menyaksikan pemandangan indah pantai. Jika sudah selesai berbelanja di pasar, Anda dapat menengok ke belakang pasar dan melihat hamparan laut yang indah. Pasar Klandasan menjual berbagai kebutuhan rumah tangga, yaitu makanan, buah, sayuran, ikan segar, hingga pakaian dan sandal.

wisata Balikpapan

3.Tempat wisata Penangkaran Buaya Teritip
Salah satu tempat wisata favorit di Balikpapan sekaligus wisata yang menarik adalah Penangkaran Buaya Teritip. Penangkaran buaya yang terletak tidak jauh dari Pantai Lamaru ini berdiri di atas lahan seluas 5 hektar. Penangkaran buaya ini adalah rumah dari lebih dari 1,500 ekor buaya, serta sejumlah ular dan monyet. Anda juga dapat bertemu sekaligus menaiki Gajah Lampung yang dapat membawa Anda jalan-jalan di penangkaran ini, lho! Nah, jika sudah puas berkeliling di lokasi penangkaran, Anda dapat mencoba suatu pengalaman wisata yang lebih ekstrim, khususnya wisata kuliner. Pada akhir pekan atau hari libur, Anda dapat mencicipi rasa dari sate buaya di sini. Seru, kan? Selain hidangan sate buaya, Anda juga dapat membeli berbagai jenis cinderamata yang terbuat dari kulit buaya asli.

wisata alam balikpapan

4.Tempat wisata Bukit Bangkirai
Obyek wisata di Balikpapan berikut ini adalah kawasan alam yang hijau. Bukit Bangkirai dapat Anda kunjungi di kabupaten Kutai Kartanegara, tepatnya di kecamatan Samboja. Obyek wisata alam ini adalah sebuah hutan hujan tropis yang masih terjaga kealamiannya. Bukit Bangkirai telah dilengkapi dengan beberapa fasilitas wisata seperti kolam renang, penginapan berbentuk cottage yang bergaya rumah panggung, serta restoran. Nama Bangkirai pada tempat wisata ini berasal dari banyaknya pepohonan Bangkirai yang tumbuh di sini. Salah satu daya tarik dari tempat wisata ini adalah canopy bridge yang merupakan sebuah jembatan yang menghubungkan lima pohon Bangkirai. Canopy bridge ini terbentang sepanjang 64 meter dan berada di ketinggian 30 meter. Uniknya, canopy bridge ini adalah jembatan kanopi pertama yang ada di Indonesia.

5. Tempat wisata Taman Bekapai
Balikpapan juga memiliki sebuah alun-alun kota atau taman kota yang dirancang sebagai tempat rekreasi penduduk Balikpapan. Taman Bekapai ini menjadi tempat bagi sebuah monumen kebanggaan Balikpapan. Monumen perunggu ini berbentuk abstrak, bahkan dapat mengeluarkan air mancur dari dalamnya. Air mancur ini terlihat indah dengan pencahayaan yang cantik dan menyerupai semburan minyak bumi. Pemandangan di Taman Bekapai ini akan terlihat lebih indah jika Anda berkunjung pada malam hari. Untuk dapat menikmatinya, Anda dapat duduk-duduk di taman yang sudah disediakan.

Walaupun dianugerahi predikat Kota Minyak, kota ini juga memiliki banyak tempat wisata favorit di Balikpapan yang menarik, kan? Jangan lupa simak ulasan wisata kuliner di Balikpapan.Selamat liburan di Balikpapan.

Translate