Kuliner dan Oleh-oleh Khas Balikpapan yang Top

Wisata Kuliner di Balikpapan - Sebuah kota kecil yang berada di Kalimantan Timur ini berkembang pesat berkat tugasnya sebagai pintu gerbang Kalimantan Timur. Karenanya, Balikpapan banyak ditempati oleh pendatang dari berbagai budaya sehingga muncul banyak akulturasi, termasuk soal kuliner. Apa saja wisata kuliner dan oleh - oleh khas Balikpapan yang menarik? Ini dia daftarnya.

Wisata Kuliner di Balikpapan

gambar dari wisata kuliner di Balikpapan

1. Aneka Olahan Kepiting
Kota Balikpapan adalah salah satu kota yang terkenal menjadi penghasil kepiting bakau atau Scylla serrata dengan kualitas paling baik di Indonesia. Beberapa restoran kuliner yang menyediakan berbagai masakan kepiting bakau di Balikpapan dapat Anda jumpai di Jalan Marsma Iswahyudi Gunung Bakaran, yang terletak tidak begitu jauh dari Bandara Sepinggan. Di sini, Anda dapat menemukan berbagai macam sajian kepiting dari kepiting lada hitam, kepiting saus tiram, kepiting goreng mentega, kepiting saus spesial, hingga kepiting tauco. Nah, menu paling laris dari beberapa pilihan tersebut adalah kepiting saus special dan kepiting lada hitam. Oh iya, jika Anda sangat menyukai rasa kepiting di sini dan ingin menikmatinya lagi di rumah, Anda bisa membeli kepitingnya dalam kemasan khusus yang hanya perlu Anda panaskan sesampainya di rumah sebelum disantap.

kuliner balikpapan Bingka

2. Bingka Balikpapan
Wisata kuliner di Balikpapan juga memiliki kuliner khas lain yang berbentuk kue, yaitu bingka. Selain terkenal di Balikpapan, Anda juga dapat menjumpainya sebagai kuliner khas di Pontianak. Bingka merupakan sebuah makanan yang berbahan dasar kentang, sehingga cenderung kurang tahan lama. Walaupun begitu, bingka tetap cocok untuk dijadikan oleh-oleh karena rasa dan bentuk yang unik. Selain kentang, bingka juga terbuat dari telur, mentega, susu, gula dan santan sehingga menciptakan cita rasa yang manis, gurih dan tentunya lezat. Kini berbagai produsen bingka di Balikpapan telah berinovasi sehingga menyediakan berbagai kombinasi bingka, seperti keju, pisang, gula merah, hingga labu merah. Bingka dapat Anda beli di Stal Kuda atau di dekat Pelabuhan Semayang. Konon katanya kedua tempat tersebut adalah dua produsen bingka terenak di Balikpapan.

3. Amplang
Nah, bagi Anda yang penggemar camilan, Anda dapat mencoba amplang dari Balikpapan. Amplang adalah jenis makanan ringan seperti kerupuk. Bahan utama dari amplang adalah telur, tepung, daging ikan pipih (biasanya disebut belida) dan berbagai bumbu rempah. Ikan pipih yang biasa disebut belida ini adalah salah satu ikan air tawar yang dulunya banyak berada di perairan Kalimantan. Namun sayangnya ikan belida semakin jarang ditemui sehingga produsen kini menggantinya dengan daging ikan tenggiri. Berbagai bahan dasar dari amplang ini kemudian menciptakan rasa yang gurih dan bertekstur renyah, sehingga Anda dapat lupa sudah makan berapa buah!

oleh-oleh Balikpapan

4. Bakpia Balikpapan
Salah satu pilihan wisata kuliner di Balikpapan selanjutnya adalah bakpia atau pia. Mungkin Anda sedikit bingung, karena bakpia sudah identik dengan Yogyakarta. Namun rupanya, bakpia juga termasuk salah satu kuliner khas Balikpapan dan disajikan dengan cara yang berbeda dari bakpia pathuk yang kita kenal. Bakpia ala Balikpapan memiliki ukuran lebih besar dan terbuat dari kacang hijau dan gula, kemudian dibungkus dengan tepung lalu dipanggang. Bakpia Balikpapan ini memiliki tekstur yang sangat renyah menyerupai biskuit, sehingga tekstur renyah ini dapat membedakan bakpia Balikpapan dari bakpia Yogyakarta. Tersedia beberapa pilihan rasa seperti kacang hijau, keju dan cokelat.

5. Mantau
Kuliner yang satu ini memang merupakan kuliner khas Tionghoa yang banyak Anda jumpai di Indonesia. Namun ternyata, mantau juga merupakan kuliner khas dari Balikpapan sebagai hasil kulturasi dan menciptakan jenis kuliner mantau yang unik. Mantau adalah sajian roti yang dikukus seukuran kepalan tangan dan kemudian di goreng. Bedanya, di Balikpapan, mantau disajikan bersama dengan daging rusa yang diolah menggunakan bumbu lada hitam (rusa lada hitam). Ini dia yang membedakan mantau Balikpapan dengan mantau yang lain. Rasa mantau Balikpapan memiliki cita rasa yang unik dan sedap. Tekstur daging rusa yang agak lembut dan memiliki rasa yang manis sangat cocok dipadukan dengan bumbu lada hitam pedas. Taburan kacang mete yang disangrai dan memiliki rasa gurih juga melengkapi mantau Balikpapan sehingga membuatnya menjadi semakin lezat.

Wisata kuliner di Balikpapan sangat seru, bukan? Selain itu, coba juga kuliner khas Balikpapan lainnya yang menarik.Selamat makan..

Translate